Pengenalan Toolbox pada Corel Draw dan Kegunaanya

Hallo guys, kali ini saya akan membahas tentang “Pengenalan Toolbox pada Corel Draw dan Kegunaanya Saya membuat artikel ini karena permintaan dari temen lama, dia meminta saya untuk sedikit memberikan Tutorial tentang Corel Draw.


Oke, pertama-tama kita kenalan dulu yah sama “Toolbox” apa sih itu Toolbox, what is Toolbox? Toolbox adalah kumpulan alat-alat dasar yang digunakan untuk membuat sketsa ataupun desain di dalam CorelDraw. Tanpa adanya toolbox, anda tidak akan bisa membuat sebuah desain. Maka dari itu, toolbox menjadi alat terpenting yang harus anda kuasai sebelum memulai ke alat-alat yang lain. Toolbox terdiri dari Pick Tool, Shape Tool, Crop Tool, Zoom Tool, FreeHand, Smart Fill, Rectangle, Ellipse, Polygon, Basic Shapes, Text Tool, Table, Parallel Dimension, Blend, Eye Dropper, Outline Pen, Fill, Interactive Tool. Karena saya menggunakan Corel Draw X6 jadi tampilan toolboxnya seperti ini. Untuk  versi diatasnya atau sebelumnya mungkin tidak jauh beda.


Gambar.Toolbox


Nah, setelah kita tahu penjelasan tentang apa itu “ToolBox”? Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara kerjaanya. Oke.. cekidot!


  
     1.       Pick Tool, berfungsi untuk menandai, menyeleksi, dan memindah suatu Object.



     2.       Shape Tool, berfungsi untuk mengedit garis lurus menjadi melengkung.


     3.    Crop Tool, berfungsi untuk mengcrop atau memotong gambar.




      4.       Zoom Tool, untuk memperbesar  (klik kanan) dan untuk memperkecil  (klik kiri). Didalam zoom tool terdapat sub menu “ Pan Tool”  berfungsi untuk menggeser lembar kerja.



     5. FreeHand Tool,  merupakan  flyout yang intinya berfungsi untuk membuat sketsa atau desain. Didalam freehand tool juga terdapat beberapa submenu, saya sarankan jika untuk tahap belajar dapat menggunakan B-spline setelah itu baru menggunakn Pen Tool.



     6.       Rectangle Tool, digunakan untuk membuat bidang persgi



     7.       Ellipse Tool, untuk membuat bidang elips (lingkaran atau oval)



     8.       Polygon Tool, berfungsi untuk membuat bidang polygon (Segitiga, segiempat, segilima, segienam, dll.)


     9.       Basic Shapes, berfungsi untuk membuat bentuk-bentuk dasar seperti jajar genjang, segitiga, hati, callout, arrow, dll. Untuk mengganti  bentuk object yang diinginkan dapat menggunakan  “Perfect Shapes”

    10.  Text Tool, berfungsi untuk membuat text baik paragraph maupun text biasa.



     11.       Table, digunakan untuk membuat object table.



    12.       Parallel Dimension, berfungsi untuk menggambar  desain atau sketsa secara dimensi.



    13.    Blend, berfungsi untuk membuat salinan object dan ditumpuk diatasnya secara berurutan. Didalam blend, terdapat beberapa sub menu seperti “Transparency” yang berguna untuk membuat object menjadi transparan.

     14.   Eyedropper,  berfungsi untuk memilih warna sesuai dengan warna pada object yang dipilih. Dapat diartikan untuk menyalin warna.


    15.    Outline, digunakan untuk mengubah ketebalan garis dan berfungsi untuk mewarnai object garis.


     16.     Fiil Tool, berfungsi untuk mewarnai object isi



     17.       Interactive Tool, berfungsi untuk membuat gradasi.





Nah, itulah beberapa kegunaan tool yang ada di toolbox. Sekian dari artikel ini, terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Untuk demo mungkin bakal menyusul nanti.

























0 Response to "Pengenalan Toolbox pada Corel Draw dan Kegunaanya"

Posting Komentar